Kanagaway – Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Namun, Anda harus bijak saat memilihnya untuk buah hati. Semuanya harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan ketelitian.

Seperti yang dikatakan Prof Sandralyn Byrnes bahwa orang tua harus memerhatikan pemilihan PAUD sejak awal. Ini karena PAUD adalah investasi sekaligus penentu masa depan anak. Sekali salah pilih, maka perkembangan anak akan mendapatkan imbas ke depannya.

Lalu, apa yang harus diperhatikan saat memilih lembaga PAUD untuk si kecil? Well, Anda harus mempertimbangkan dengan baik hal-hal berikut sebelum melangkah terlalu jauh.

pendidikan anak usia dini

Kualitas pengajar

Anda wajib mencari informasi dan mengamati bagaimana pengajar yang ada di sekolah tersebut.  Pastikan pengajar dapat mendidik dan mendampingi secara maksimal! Anda juga harus memastikan bagaimana caranya berinteraksi dengan seluruh siswa.

Kurikulum

Latar belakang tiap anak pasti berbeda, begitupun dengan kemampuan belajarnya.  Sehingg, Anda harus memahami dulu bagaimana kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tersebut. Setelahnya, Anda amati aoakah sudsh sesuai dengan kondisi anak.

Program dan metode belajar

Guru yang bijak akan mampu memberikan program yang sesuai dengan waktu siswa atau orang tua. Selain itu, anak juga akan senang saat pembelajaran dilaksanakan degan metode menyenangkan. Hal ini akan menunjukkan bahwa anak tetap dapat bersenang-senang meskipun sibuk belajar.

Fasilitas

Anda pun wajib mempertimbangkan fasilitas yang ada di sekolah PAUD. Setiap fasilitas yang ada akan berguna untuk memberikan kenyamanan pada anak-anak. Apalagi, saat pembelajaran dimulai, anak-anak akan semangat belajar.

Fasilitas itu ternyata beragam. Untuk pengecekan awal, sekolah setidaknya memiliki:

  • Ruang kelas
  • Meja dan kursi
  • Hiasan dinding
  • Mainan (edukatif)
  • Lokasi

Memperhatikan lokasi PAUD juga penting. Sebisa mungkin, Anda harus memilih PAUD yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam pemantauan Anak.

Selain itu, Ansa juga wajib memastikan keamanan lokasi tersebut. Amatilah lingkungan sekitar PAUD! Apakah sekolahnya berpagar? Apakah dekat dengan pasar, jalan raya, atau tempat yang kurang aman lainnya? Yang pasti, lokasi PAUD harus aman dari jangkauan tempat yang bisa membahayakan fisik dan psikisnya.

Well, setelah mengetahui tips di atas, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang tepat untuk si kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *