Kanagaway – Suhu tubuh normal dan tidak telah diatur oleh kerja otak. Reaksi kimia yang diakibatkan dari metabolisme kamu bisa menaikkan dan juga menurunkan suhu tubuh. Otak akan mengatur kerja metabolisme dan mengelola fungsi lainnya untuk menjaga supaya suhu tubuh tetap normal. Namun, ada pula beberapa faktor luar yang bisa mempengaruhi suhu tubuh, seperti cuaca dingin dan panas.

Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai hal apa saja yang bisa mempengaruhi suhu tubuh yang harus diketahui.

suhu tubuh normal

1. Merokok

Merokok bisa menaikan suhu tubuh, karena suhu diujung rokok sebesar 95o Celsius. Saat kamu menghirup asap rokok juga bisa meningkatkan suhu paru-paru. Jika paru-paru mu panas, maka mereka tidak akan bisa mendinginkan atau membuang panas dari tubuh. Hal tersebut menyebabkan suhu tubuh tinggi. Dan saat kamu berhenti merokok, suhu tubuhmu akan kembali normal dalam 20 menit kemudian.

2. Hati yang dingin dapat melindungi otak

Suhu tubuh bisa mempengaruhi kualitas tidur mu baik atau tidak. Fakta mengatakan jika tidur lebih baik ketika kulit dalam keadaan sedikit dingin. Pakaian yang dikenakan ketika tidur tidak akan mempengaruhi suhu tubuh normal dan juga tidak mempengaruhi apakah tidur lebih nyenyak atau tidak.

3. Usia

Usia juga menjadi salah satu faktor perubahan suhu mu bisa berubah-ubah. Jika merasakan dingin setiap hari meskipun saat musim panas, itu bisa terjadi karena faktor usia. Semakin bertambahnya usia, suhu tubuh normal juga semakin menurun. Hal ini tentu saja penting untuk kamu ketahui karena lansia mungkin saja benar-benar dalam keadaan demam pada suhu yang rendah dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih muda.

4. Wanita dan pria memiliki suhu tubuh yang berbeda

Diketahui jika suhu tubuh pria lebih rendah dibandingkan dengan suhu tubuh wanita. Walaupun demikian, ada bagian tubuh wanita yang terasa lebih dingin dari bagian lainnya, seperti kaki dan tangan. Inilah mengapa wanita lebih cepat kedinginan dibandingkan dengan pria.

Bagaimana cara mengukur suhu tubuh manusia?

Mengetahui dan mengukur suhu tubuh bisa membantumu untuk mengantisipasi apakah kondisi yang kamu alami membutuhkan penangan dokter atau tidak. Oleh karena itu, termometer berperan sangat penting dan sebaiknya kamu harus memilikinya di rumah. Termometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia dalam keadaan normal atau tidak. Ada beberapa jenis termometer yang masing-masingnya memiliki cara yang berbeda saat menggunakannya.

1. Cara mengukur suhu tubuh orang normal

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengukur suhu tubuh adalah dengan menggunakan termometer digital.

Termometer ini dianggap bisa menunjukkan hasil secara akurat dan juga cepat. Termometer jenis ini menggunakan sensor panas elektronik yang bekerja untuk mengukur suhu pada tubuh. Untuk orang dewasa, kamu bisa menggunakannya di ketiak, kamu hanya perlu meletakkannya dan menjepit nya. Pastikan ujung sensor termometer menyentuh kulit ketiak mu.

Tahan termometer di ketiak mu selama lima menit atau hingga termometer digital berbunyi. Bunyi tersebut menandakan jika hasil pengukuran suhu sudah siap untuk dibaca pada layar termometer.

2. Cara mengukur suhu tubuh normal anak

Kamu bisa lakukan pengukuran suhu tubuh bayi dan anak melalui anusnya. Jika terlalu sulit, kamu bisa meletakkannya di mulut ataupun ketiaknya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa mempengaruhi suhu tubuh normal pada manusia dan cara mengukurnya yang wajib kamu ketahui. Kamu juga bisa membaca informasi lainnya mengenai pengukuran suhu dan artikel kesehatan lain yang ada di website berikut ini https://www.sehatq.com/artikel/bukan-derajat-celsius-ini-suhu-tubuh-normal-manusia-yang-benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *