Kanagaway – Startup insurtech PasarPolis telah meluncurkan aplikasi agen bernama Pasar Polis Mitra sebagai salah satu langkahnya untuk memperluas penetrasi asuransi yang masih marjinal di Indonesia. Misi lainnya adalah membantu para mitra ini mendapatkan penghasilan tambahan mengingat aplikasi tersebut diluncurkan selama pandemi yang telah memukul pendapatan banyak orang.

pasar polis mitra

Aplikasi Keagenan PasarPolis

Pengoperasian aplikasi PasarPolis bekerja sama dengan perusahaan pialang PT Futura Finansial Prosperindo. Inisiatif ini diikuti oleh pengumuman pendanaan Seri B senilai $54 juta pada September 2020 dari LeapFrog Investments, SBI Investment, Alpha JWC Ventures, Intudo Ventures, dan Xiaomi.

Cleosent Randing, pendiri dan CEO PasarPolis, menjelaskan bahwa PasarPolis Mitra bukanlah menjadi agen asuransi karena memiliki mekanisme yang berbeda dan hanya menyediakan link produk asuransi kepada konsumen. Produk asuransi yang dijual relatif sederhana dan memiliki premi yang rendah.

Selain itu, mitra integrasi ini harus dilatih untuk menghindari penjualan yang tidak semestinya. Perusahaan juga menawarkan perlindungan konsumen seperti keamanan cyber ISO dan audit perlindungan data sebagai bentuk keamanan.

Ada aplikasi khusus, yang harus dipraktikkan terlebih dahulu. Kemudian mereka mendapatkan kode akses yang tujuannya untuk mengetahui produk asuransi yang dibeli konsumen agar tidak terjadi kesalahan.

Aplikasi ini sekarang dikatakan telah menarik 40.000 mitra. Diketahui bahwa pendapatan bulanan mitra telah meningkat 2-3 kali lipat. Semua angka ini melebihi ekspektasi perusahaan. Mitra-mitra PasarPolis yaitu pengemudi GoCar, GoLife, dan agen profesional yang dulunya penjualan offline kini beralih ke online.

Pencapaian Dan Prospek Pasar Insurtech

Kinerja perusahaan selama pandemi juga sangat positif. Diumumkan, hingga Agustus 2020, bisnis PasarPolis telah tumbuh lebih dari 80 kali lipat. Perusahaan tersebut dikatakan akan merilis 70 juta polis baru setiap bulannya. Hingga tahun lalu, perseroan telah menerbitkan 650 juta surat berharga di tiga negara Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Sebagian besar barang yang dibeli terkait dengan logistik, perjalanan, dan e-commerce. Ketiga produk ini mencerminkan lini bisnis utama dari tiga investor Pasar Polis Mitra yang berinvestasi di Seri A tahun 2018 yaitu Tokopedia, Gojek, dan Traveloka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.