Kanagaway – Dalam urusan perawatan mobil bekas, Anda harus cermat sehingga tidak ada salahnya mempelajari beberapa hal untuk dilakukan sendiri dalam proses ini. Jika biasanya Anda terbiasa membawa mobil ke bengkel, bahkan untuk hal-hal sesederhana ganti oli, mungkin sekarang memilih untuk melakukannya di rumah karena lebih hemat.

Cara yang Benar Ganti Oli Sendiri di Rumah

Memang Anda bisa mengganti oli sendiri di rumah, tetapi pastikan melakukannya dengan cara yang tepat, yaitu:

mobil bekas

1. Siapkan oli dan semua peralatan

Sebelum mulai, siapkan oli yang sesuai spesifikasi dan juga peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari filter oli, kain lap, kunci-kunci, dongkrak, dan tempat untuk menadahi oli bekas.

2. Pastikan suhu mesin hangat atau dingin

Cek suhu mesin Anda. Jika suhunya masih panas, tunggu suhunya turun sampai hangat atau bahkan dingin. Tujuannya tentu demi keselamatan Anda agar tidak terluka karena tangan yang terkena bagian mesin yang masih panas.

3. Dongkrak mobil Anda

Dongkrak kendaraan untuk mempermudah Anda ketika membuka lubang pembuangan oli yang berada di bagian bawah mesin. Cara ini terutama penting jika mobil Anda memiliki ground clearance yang rendah, seperti sedan.

4. Posisikan wadah tempat oli bekas

Kalau mobil sudah Anda dongkrak dan kondisinya aman, tempatkan wadah untuk menampung oli bekas tepat di bawah karter oli, alias lubang pembuangan oli tadi. Tak perlu wadah khusus, karena Anda bisa pakai botol bekas oli berukuran besar yang sisi depannya sudah dipotong, atau baskom besar. Agar tidak berantakan, beri alas koran terlebih dahulu sebelum menempatkan wadah untuk oli bekas, ya!

5. Buang oli

Apabila semuanya sudah siap, buka tutup karter oli menggunakan kunci pas atau pembuka baut. Kemudian, tunggu selama beberapa saat sampai akhirnya oli lama sudah benar-benar terbuang sampai habis. Jika sudah habis, tutup kembali lubang karter oli.

6. Buka filter oli

Setelah oli lama dibuang sampai bersih, bukalah filter oli agar Anda bisa menggantinya. Penggantian filter oli idealnya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli. Gunakan kunci khusus untuk membuka filter oli agar Anda bisa melepas dengan mudah, dan bisa memasang filter baru dengan kencang.

7. Tuangkan oli baru

Setelah lubang karter oli ditutup kembali dan filter oli baru sudah terpasang dengan sempurna, tuangkan oli baru lewat lubang pengisian yang letaknya ada di bagian atas kendaraan. Ketika melakukan pengisian, pastikan takaran olinya sudah sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda, ya! Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek di buku panduan. Kalau Anda membeli mobil bekas dan buku panduannya sudah tidak ada, Anda bisa cari info dulu di internet sebelum mengganti oli.

Begitu oli baru sudah selesai dituang sesuai takaran, pasang kembali tutup lubang pengisian oli sampai rapat sempurna. Kemudian bisa coba hidupkan mesin mobil bekas Anda. Diamkan dulu sejenak, baru Anda bisa jalankan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.