Kanagaway – Untuk mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan, tentunya Anda harus bisa memahami cara menentukan kualitas kabel listrik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena untuk menghindari berbagai kejadian yang tidak diinginkan, seperti korsleting listrik, kebakaran, dan beberapa hal yang mengancam nyawa seseorang.

Apabila Anda tidak memahaminya, bisa saja akan mendapatkan produk yang tidak baik dan membuat kualitasnya menurun serta berbeda. Tentunya Anda harus bisa memahaminya dan mengerti mengenai cara memilih kabel yang berkualitas dan baik. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, simak ulasannya secara lengkap.

kabel listrik

Menentukan Kualitas Kabel

Sebenarnya untuk menentukan kualitas kabel itu tidak begitu sulit, terpenting Anda bisa memahami beberapa hal yang harus diperhatikan. Kegiatan ini menjadi penting, karena apabila Anda sembarangan dalam melakukannya, maka akan menimbulkan banyak kerugian nantinya. Dengan begitu Anda harus bisa menentukan dan memilih kualitasnya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk memilih dan menentukan kualitas kabel untuk kebutuhan instalasi listrik agar mendapatkan bahan yang awet dan tahan lama, antara lain :

1. Melihat NRP (Nomor Registrasi Produk)

Hal ini menjadi pedoman atau patokan penting ketika Anda harus melihat dan memilih kabel untuk berbagai kebutuhan. Apabila Anda tidak melihat kode SNI yang ada, maka bisa jadi itu produk sembarangan dan Anda harus waspada. Cara terbaik yang bisa dilakukan dengan melihat dan memahami nomor registrasi produknya.

Adanya NRP tersebut tentunya telah dilakukan berbagai proses uji coba dan lulus tes, sehingga membuat produk kabel tersebut telah sesuai dengan standar yang ada dengan bukti sertifikat dari lembaga negara dan diperjualbelikan secara luas untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan dalam masyarakat umum.

2. Melihat Kawat Penghantarnya

Berdasarkan dari SNI, kabel listrik yang berkualitas itu harus menggunakan kawat penghantar yang terbuat dari bahan tembaga murni. Hal ini menjadi syarat mutlak untuk dilakukan, karena mempertimbangkan keselamatan dan keamanannya. Sehingga sebelum Anda membeli Anda harus memperhatikan dan melihatnya terlebih dahulu.

Untuk melihat dan membuktikan kualitas dari tembaganya, Anda dapat dengan menggunakan cutter, lalu menggosokan pada area tembaganya. Apabila Anda menemukan bekas bahan berwarna putih, pastikan Anda untuk tidak membelinya. Karena jenis kabel tersebut tercampur oleh besi/aluminum yang dikhawatirkan tidak tahan panas dan membahayakan.

3. Identifikasi Merk kabel

Sebelum membeli kabelnya, mungkin Anda harus memperhatikan dan melihat merk kabelnya. Pastikan Anda menemukan kode SNI atau LMK sebagai acuan penting. Selain itu juga Anda harus memperhatikan bagian tembaganya, pastikan Anda memperhatikan ukurannya telah sesuai dengan yang ada pada tulisannya.

Hal ini penting untuk dilakukan, ada berbagai kasus ukuran tembaganya tidak sesuai dengan ukuran yang tertera, sehingga akan berdampak buruk nantinya. Pilih kabel dengan merk, informasi tegangan, label SNI nya tercantum jelas. Dengan begitu Anda akan mendapatkan produk kabel yang telah sesuai dengan kebutuhannya.

4.Menentukan Ukuran

Sekarang ini ada banyak berbagai ukuran kabel baik dari yang paling kecil dan besar, tentunya semuanya didasarkan pada berbagai kebutuhannya. Semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan daya listrik yang digunakan, apabila Anda membutuhkan tegangan tinggi, maka harus menggunakan kabel yang lebih besar dan tahan panas.

Itulah beberapa ulasan dalam mencari kualitas kabel listrik yang dapat Anda pahami secara langsung. Semoga beberapa ulasan diatas dapat memberikan manfaat dan informasi penting untuk Anda kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *